Monetisasi Blog Meningkatkan atau Menurunkan Gairah Menulis

Google benarkah ini??
source pic : google
Malam ini tidurku tak nyaman. Gerakan-gerakan tak nyenyak si kecillah yang membuatku membuka mata berulang kali. Tubuhku penat. Lelap pun tak kudapat. Kantukku belum usai namun azan subuh telah berkumandang. 

Sedikit malas kuberanjak dari tidurku. Tampak tuan-tuan putri masih terbuai mimpi. Kualihkan pandanganku ke gadget usangku. Seperti biasa jari-jariku menari diantara aplikasi yang terinstal. Kotak suler menjadi akhir lompatanku. Berharap hari ini ada kabar baik yang akan kuterima. Tak perlu menunggu lama, kotak surat elektronikku pun terbuka. Tatapanku pun segera terpaku pada bagian teratas list inbok ku. Terbersit harap yang selama ini kudambakan namun segera kuenyahkan. Tak mungkin, pikirku. Namun.

Google pun Memberi Jawab
source pic : google
Selamat!! Sampai pada tahap ini saja mukaku sudah merona. Teringat penolakan-penolakan yang kuterima. Dan pengajuan permohonan Google AdSense (GA) ku yang tanpa malu.

Tanpa malu? Iya, bisalah dikatakan seperti itu bila melihat rating, page rank, alexa atau nilai-nilai yang kerap disematkan pada sebuah blog. Jujur saja blogku tak memiliki nilai yang pantas. Berapa page rank yang dimiliki blogku ini? Tak layak untuk disebutkan :D. Lalu berapa alexa yang kumiliki? Gemuk dan dicurigai obesitas. :)) Aku tak paham bila bicara teknik. Hanya saja bila menulis yang diminta. Maka bisalah kucoba.

Gairah Menulis Terkadang Meredup Terkadang Terang Benderang
source pic : maxmanroe.com
Sejatinya aku tidak ingin fulus mempengaruhi kualitas tulisan. Tak ingin rupiah mengubah minat menulisku. Tapi hidup memang tak bisa lepas dari pesona lembaran-lambaran duit. Pada fase kehidupan manakah kita tidak memerlukan kehadiran alat pembayaran ini. Hampir tak ada. Pada awalnya blog ini dibangun memang diperuntukkan untuk memenuhi kantong-kantong rekeningku. Tapi, apa lacur, rekening tak terisi, blogku pun sepi. Sukur menulis menjadi hobi.

Candu menulis kian menjadi ketika seseorang mempermanis dunia khayalku. Tak pelak hasrat merangkai kata pun memuncak. Ide-ide tumpah ruah. Namun sayang euforia tulis menulis tak berlangsung lama. Tibalah aku di titik gamang. Harapan membias tak berarah. Tak jelas apa yang akan dituju. Tak tau apa yang akan dicapai. Gairah menulisku memudar. Imajinasi pun kelam ketika sadar realitas jauh panggang dari yang diimpikan.

Terpuruk. Sekian waktu tulisanku seperti tak bernyawa. Kata-kata hanya terangkai begitu saja. Tak lagi kupedulikan keindahan sebuah diksi. Yang tersisa adalah sebuah kejujuran dalam bercerita. Kupikir kejujuran menjadi penting bagi seorang penulis. Namun tak kusangka bagi sebagian yang lain kejujuran tak lebih dari tontonan upin dan ipin. Kasian, kasian, kasian. :))

Imajinasi memudar, gairah menulis pun terkantung-kantung. Terkadang hadir tanpa diduga, lalu hilang begitu saja. Kucari sudut-sudut yang mampu mengubahku kembali hidup. Entah apakah melalui beragam lomba atau sekedar secuil kisah yang kutulis tanpa hayat. Ah, dunia blogging kian pamor. Aku kian tenggelam. Kacau.

Monetisasi Blog
source pic : ehpedia.com
Ketika hasrat menulisku meredup kembali kuteringat akan niat awalku membuat blog. Kemudian kutatap rekeningku yang masih kempis tak berisi. Kuperhatikan lalu lintas blogku nan sepi. Sungguh kondisi kian tampak buruk. Aku harus berbenah. Karenanya kini kucoba merapikan kembali hasratku. Aku pun mulai mengoptimalkan hobi ngblog. Blog tidak lagi sekedar tempat ratapan tak tentu arah. Kini fokusku beralih mencari tahu bagaimana caranya agar blogku menjadi mesih penghasil dolar. 

Banyak cara yang bisa dilakukan agar blog menjadi pemasukan tambahan. Salah satunya dengan menjadikan blog sebagai pasar dalam berjual beli. Atau dengan mengikuti lomba-lomba yang diperuntukkan bagi blogger. Atau mendulang rupiah melalui riview yang diberikan pada sebuah produk. Dan masih banyak cara lain dalam memonetisasi sebuah blog. 

Dari sekian cara ada satu yang menarik bagiku yaitu melalui Google AdSense. Dan betapa senangnya ketika mengetahui permohonanku lolos dari tim peninjau. Namun akan sampai kapankah GA ini bertahan diblogku yang sepi pengunjung? Entahlah. Saat ini aku hanya paham bila tulisanku kini lebih dibutuhkan oleh blogku.

Monetisasi Blog dan Gairah Menulisku
yeay uangnya bertebaran 
Surat cinta yang kuterima dari google membuatku bersemangat kembali agar tetap produktif dalam membuat tulisan-tulisan menarik dan ciamik. Pun tak paham teknik-teknik apa saja yang perlu dipakai guna menaikkan nilai sebuah blog. Namun lolosnya pengajuan permohonanku terhada GA menjadi awal yang baik bagi aku dan blogku. 

Nah, bila bicara Google AdSense (GA) aku teringat percakapanku dengan seorang kawan. Dia sudah lama bermain di GA. Jutaan rupiah sudah dikantonginya. Menurutnya bila ingin blog mendapat AdSense maka perbaikilah traffic blog. Satu hal yang mudah untuk meningkatkan lalu lintas blog yaitu dengan blogwalking. Bila rajin melakukan kunjungan ke blog kawan-kawan blogger yang lain maka dapat dipastikan blog yang kita miliki akan sedikit lebih ramai. 

Beberapa cara pun perlu dilakukan untuk menunjang kinerja blog. Tapi sudah kukatakan di atas, aku tak terlampau paham bila bersinggungan masalah teknik. Entah apakah itu tentang alexa, seo, atau hal-hal lain yang berhubungan dengan analisis terhadap sebuah domain. Namun meski tak paham itu semua, kini gairah menulisku kembali ada. Semoga bisa bertahan lama. Semoga hasratku tak lekas pergi ketika monetisasi tak memberi nilai yang cukup. Dan semoga asa tak segera lenyap ketika monetisasi mendapati kegagalan. 

Pada akhirnya uanglah yang bicara. Demi bisa mengantongi bergepok-gepok uang orang mampu melakukan apa saja. Baik atau buruk. Pantas atau tidak pantas. Halal atau tidak. Tak lagi menjadi pertimbangan yang patut dilakukan. Bila sudah seperti itu maka jelas jenis orang seperti apa ini. Berharap aku tidak menjadi seperti itu yang mampu melibas segala cara demi menggemukkan kantong-kantong saku pribadi. [*]


Related Posts

26 comments

  1. Waah..
    Selamaaat...
    Ikut bahagiaaa...

    Jadi terbakar membaca drama ini. Hihiiii...
    Tulisannya bagus, Mak. Enak dibacanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha seperti drama ya...

      makasih ya :))

      Delete
  2. Pertama....selamat mak....
    Kedua...pengennn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama.. makasih mak :)
      Kedua... ajukan lagi mak klo ditolak ... adsenseku diapprove karena tulisanku ttg uber katanya mah...

      Delete
  3. semangat...good progress ya Mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah.. semoga ttp semangat mak :))

      Delete
  4. Ga saya dari dulu nggak nambah2 mbak, cuma beberapa dollar, kalau saya mending review aja, kecuali blognya blog informatif dengan banyak pengunjung dari searching di google. Dapet job atau enggak yg penting slalu semangat nulis mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iy mbak.. GA gak ngasilin klo blognya sepi pengujung..saya seneng aja akhirnya bisa jebol juga GAnya hehe.. setelah ditolak berulang2.. :))

      Delete
  5. Wah, ikut senang buk..
    Gue stuck terus, ditolak mulu.... Sakit :((
    Tapi ya itu, jangan berputus asa, ayo semangat nulisnya :))

    hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kujuga udah ditolak berulang2.. tak terhitung.. hampir2 bikin patah hati.. yg terakhir ini nyoba2 aja.. ga terlampau berharap...yup.. yg penting semangat terus nulisnya :))

      Delete
  6. Haha, saya juga pas diterima GA udah kayak apa senengnya..
    Selamat ya maaak cintanya sudah berbalas iklan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha seneng aja dulu yaa mak.. masalah ngasilin gaknya urusan belakangan :))

      Delete
  7. Saya belum tergoda untuk GA Mbak heheheh. Lagi belajar konsisten menulis ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantap.. semoga konsisten menulisnya terus terjaga mbak :))

      Delete
  8. selamat mbak. saya juga baru disetujui beberapa hari ini. antara senang dan gamang rasanya. tapi paragraf terakhir membuat saya sedih. nggak gitu juga kok mbak. masih. masih mikir pantas tidaknya, halal tidaknya. semoga kita bisa tetap istiqomah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. paragraf terakhir saya anggap sebagai pengingat mbak.. utk yang mampir di sini dan juga untuk saya sendiri... iy, semoga kita bisa tetap istiqomah... :))

      Delete
  9. Saya masih baru , kasih tw donk gimana caranya agar blog kita di terima GA
    http://kepencot.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat aja tulisan yang berkualitas.. tidak alay.. sesuai dengan eyd..

      Delete
  10. Selamat ya lolos Adsense.. Aku belum nyoba lagi, emak gaptek nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mak.. sekali-kali dicoba lagi aja mak.. :)

      Delete
  11. keren banget rangkaian katanya

    ReplyDelete
  12. Huhu... ane gagal mulu join di GA mbak, sekarang mainya video aja yg GA sementara blognya entar entaran ajalah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin di blog suatu saat Eksa.. sabar aja... :))

      Delete

Powered by Blogger.